Body & Mind

Hidup Sehat dengan Meminimalis Rasa Stres

11:02:00



Griya Senja - Rutinitas yang harian yang begitu padat seringkali membawa dampak buruk bagi kesehatan. Belum lagi ditambah permasalahan yang seringkali mewarnai kehidupan. Misal saja masalah dengan pasangan, masalah keuangan dan lain sebagainya yang dapat berujung pada stres. Seperti yang kita tahu, rasa stres yang berlebihan dapat menganggu kesehatan dan menimbulkan banyak penyakit, semisal jantung, kanker, strok dsb. Selain menimbulkan penyakit secara fisik, stres juga dapat mengangu kestabilan mental. Berikut beberapa tips yang dilansir dari vemale.com mengenai cara mengusir stres.

* Atur Pola Makan
Sesibuk apapun Sobat GriS, usahakan jangan sampai telat makan. Apalagi sampai tidak memperhatikan asupan gizi yang masuk dalam tubuh kita. Seperti yang kita tahu, kunci utama sehatnya pola pikir kita juga tergantung dari asupan makanan yang kita makan. Usahakan untuk tidak melewatkan makanan 4 sehat 5 sempurna yang sangat diperlukan oleh tubuh. Jika Sobat GriS tengah dilanda stres berat, cobalah untuk mengonsumsi minuman hangat dan bisa membuat pikiran kita rileks, seperti halnya secangkir coklat panas dll. Untuk minuman hangat yang sehat, Sobat GriS bisa mencoba wedang jahe, jeruk hangat, ataupun teh hangat. 

* Usahakan Tidur Lebih Awal
Kurang tidur, seringkali menjadi pemicu timbulnya stres dan menjadi faktor insomnia pada seseorang. Agar stres tidak bertambah parah, usahakan untuk tidur lebih awal. Cobalah untuk mendengarkan  musik yang lembut sebagai pengantar tidur, ataupun menggunakan penutup mata dari bahan yang berisi gel yang banyak dijual di pasaran untuk membantu Sobat GriS tidur lebih nyenyak. Hindari mengonsumsi obat penenang sebelum tidur agar tidak mengalami ketergantungan. 

* Menjadi Pribadi yang Sabar
Sabar ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan kita. Dengan mencoba bersabar dalam mengadapi setiap permasalahan, Sobat GriS telah meminimalisir penyakit-penyakit untuk hinggap dalam tubuh. Berhentilah mengeluh disetiap masalah yang ada, karena mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah dan justru memperparah keadaan. 

* Perbanyak Rasa Syukur
Perbanyak rasa syukur dengan lebih mencintai diri kita, dengan begitu, Sobat GriS akan lebih dapat berfikir positif dalam menghadapi permasalahan yang ada. Dengan bersyukur, Sobat GriS akan dapat berfikir lebih jernih dari pada berusaha menentang apa yang telah terjadi. Rasa syukur dapat membantu kita lebih sabar dan merasa bahagia.

Selain beberapa uraian di atas, ada kalanya sebulan sekali Sobat GriS pergi tamasya untuk sejenak dapat menyegarkan pikiran dari rutinitas harian. Dengan begitu, rasa stres yang seringkali menjadi momok bagi kita semua dapat diminimalisir keberadaanya. Semoga bermanfaat :)

Image by looks.co.id

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE

Like us on Facebook