Body & Mind

4 Makanan Sehat Untuk Kesehatan Otak

10:57:00


Griya Senja - Setiap orang tentunya ingin memiliki otak yang cerdas dan pikiran tenang. Untu mendapatkan itu semua tentunya Sobat GriS perlu memperhatikan pola asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dilansir dari vemale.com ada beberapa makanan yang diyakini mampu meningkatkan kecerdasan otak, diantaranya adalah:


* Sayuran Hijau
Seperti yang kita ketahui, sayuran hijau banyak mengandung vitamin K yang terbukti mampu meningkatkan kecerdasan otak. Dengan mengonsumsi sayuran hijau seperti Bayam, sawi, kangkung dan lainnya mampu memperlambat penurunan kinerja otak.

* Buah Blueberi
Buah blueberi seperti yang kita tahu memiliki rasa asam namun tetap manis dan rasa yang khas. Kandungan nutrisi berupa vitamin dan zat lainnya, membuat blueberi mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan termasuk untuk kecerdasan otak.

Penelitian terbaru yang dilakukan  di Tufts Universty menyatakan bahwa nutrisi pada blueberi mampu menjadi antioksidan yang baik bagi tubuh dan juga otak. Tak hanya itu saja, sebuah study di Harvard Nurses Health Study menemukan bahwa lebih dari 16.000 wanita berusia 70 tahun masih memiliki umur yang panjang dan ingatan yang tajam karena mereka terbiasa minum jus blueberi  atau strobery setiap hari.

* Minyak Zaitun
Biasanya minyak zaitun digunakan untuk kecantikan kulit dan rambut. Tapi tak jarang minyak zaitun dikonsumsi sebagai makanan yang menutrisi tubuh dan otak secara maksimal. Kandungan nutrisi dalam minyak zaitun yang berupa polifenol berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu otak semakin cerdas dan mempertajam ingatan.

Dalam sebuah jurnal, Journal of Alzheimer menyebutkan bahwa minyak zaitun mampu meningkatkan ketajaman memory seseorang, menetralisir gangguan pada otak, dan mencegah resiko alzheimer diusia senja. 

* Lemak Ikan
Ikan merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak nutrisi serta kaya akan omega 3. Omega 3 sendiri merupakan salah satu nutrisi yang baik dalam meningkatkan kecerdasan, mencegah resiko alzheimer, serta mempertajam ingatan. Lemak ikan ternyata tak hanya baik bagi dewasa, bagi anak-anak lemak ikan juga akan membantu berfikir lebih cepat, lebih cerdas dan lebih aktif.

Joy Dubosh, PhD, RD, seorang ahli diet dan juru bicara di Akademi Nutrisi dan Diet mengungkapkan jika omega 3 pada ikan sangat baik dalam melindungi kesehatan otak. Dan sumber omega terbaik saat ini adalah ikan salmon. 

Nah Sobat GriS, sudah tahu kan beberapa makanan yang ternyata mampu melindungi otak dan membuat kita dapat berfikir cepat dan cerdas? Mulai sekarang cobalah untuk mengonsumsinya. Semoga Bermanfaat :)

Image by 4.bp.blogspot.com

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE

Like us on Facebook