Body & Mind

Mengenal Lebih Jauh Tentang Sariawan dan Cara Mencegahnya

11:38:00


Griya Senja - Sariawan seperti yang Sobat GriS ketahui adalah jenis penyakit yang sering menyerang di lendir pipi bagian dalam, bibir bagian dalam, lidah, gusi, serta langit-langit dalam rongga mulut. Meskipun tergolong penyakit yang tidak berbahaya, namun Sariawan sangat mengganggu lantaran dapat mengganggu selera makan karena rasa perih akibat sentuhan makanan pada sariawannya.

Dalam dunia kedokteran Sariawan lebih dikenal dengan istilah Stomatitis yang merupakan radang yang terjadi pada mukosa (pipi bagian dalam) mulut, biasanya berupa bercak putih kekuningan. Terjadinya Sariawan bisa juga disebabkan banyak hal, diantaranya Sariawan yang terjadi akibat tergigit atau luka benturan karena sikat gigi, bisa juga karena jamur Candida Albicans yang banyak terdapat di lidah, dan bisa juga karena disebabkan oleh Virus Herpes Simpleks yang terdapat di bagian belakang tenggorokan.

Sariawan seringkali disebabkan oleh daya tahan tubuh yang rendah, Kondisi mulut seperti kebersihan mulut yang buruk, Luka pada mulut disebabkan makanan atau minuman yang terlalu panas, dan kekurangan vitamin C dan B.

Adpun untuk mencegahnya, Sobat GriS harus selalu memperhatikan kebersihan rongga mulut dan gigi, Hati-hati saat menggosok gigi agar tidak terjadi luka khususnya pada anak-anak, dan hindari memakan makanan yang terlalu panas.

Referensi by sariawan.org

Image by lh3.googleusercontent.com

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE

Like us on Facebook