keluarga

Yuk, Belajar Mengatur Keuangan Sendiri

15:10:00


Griya Senja - Setiap orang tentunya mempunyai cita-cita akan dibawa ke mana perjalanan kehidupan selanjutnya. Namun tak jarang dari sekian banyak mereka hanya mampu bercita-cita saja tanpa dapat merealisasikannya. Bagi Sobat GriS yang sudah bekerja, tentunya disetiap bulan akan menanti untuk menerima gaji. Tapi yang perlu digaris bawahi adalah bagaimana selama ini kita mengelola keuangan kita selama ini. Memang tak ada larangan bagi kita untuk membelanjakan gaji kita karena itu merupakan hak kita. Namun alangkah baiknya jika kita tidak lantas gelap mata dalam menyikapinya sehingga tidak menyesal dikemudian hari. Berikut kami paparkan beberapa langkah agar kita bisa mengatur keuangan kita dengan baik.

* Buat Daftar Belanja Bulanan
Walau terlihat sepele, daftar belanja tersebut dapat mempengaruhi sistem keuangan kita. Dengan begitu kita bisa memilah-milah mana yang memang harus kita beli, dan mana yang mungkin bisa kita tunda lain waktu. Sesuaikan pengeluaran kita terhadap pemasukan. Jangan sampai besar pasak dari pada tiang.

* Sisihkan Sebagian dari Gaji Sebagai Tabungan
Nah, ini yang paling penting dan harus menjadi alternatif utama saat menerima gaji. Jangan sampai jatah untuk menabung kita gunakan untuk keperluan lain dan beralasan untuk menggantinya lain waktu. Apalagi jika kita menggunakannya untuk hal-hal yang tidak begitu penting. Ingatlah jika masa depan masih panjang, dan kita tak pernah mengerti apa yang akan terjadi besok.

* Jangan Terbiasa Membawa Banyak Uang dalam Dompet
Saat kita tengah menerima gaji, belajarlah untuk langsung membaginya dengan keperluan kita termasuk untuk tabungan. Jangan biasakan membawanya dalam jumlah banyak dalam dompet, karena hal tersebut dapat membuat kita tergoda untuk membelanjakannya.

* Kebutuhan Mendesak
Jika memang kita memiliki tanggungan bulanan, usahakan untuk meminimalisir pengeluaran. Dengan begitu kita tidak lantas memangkas uang tabungan. Ingatlah jika tabungan tersebut adalah pegangan kita dikemudian hari.

Nah, Sobat GriS, dengan belajar membagi gaji kita sebelum belanja, kita akan dapat dengan mudah mengatur keuangan kita. Semoga Bermanfaat :)

Image by nehand.hol.es

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE

Like us on Facebook