Body & Mind

Beberapa Langkah untuk Mengusir Rasa Malas di Pagi Hari

10:49:00


Griya Senja - Tak jarang dari kita perlu kekuatan ekstra agar bisa bangun pagi dengan penuh semangat dan menyiapkan segala keperluan, baik untuk kita ibu rumah tangga ataupun bagi kita yang harus berangkat kerja. Alih-alih sudah menyetel alarm dan menaruhnya dekat tempat tidur, tapi yang ada mata seolah tak mau terbuka dan berat buat bangun. Jika hal tersebut terjadi berulang dan kita tak dapat menghindarinya, tentunya semua akan menjadi kacau dan berantakan. Untuk menghindari hal tersebut, seperti yang dikutip dari vemale.com ada beberapa langkah yang musti sobat GriS lakukan. Diantaranya adalah:

* Rapikan Semuanya
Ini merupakan aspek terpenting untuk bisa menghilangkan rasa malas di pagi hari. Usahakan untuk tetap menjaga kerapian kamar tidur sampai kita bangun keesokan harinya. Kamar yang rapi dan bersih, akan membuat kita semangat untuk melakukan kegiatan produktif di pagi hari.

* Buat Daftar Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Tidur
Sebelum tidur, luangkan waktu beberapa menit untuk menulis hal-hal yang perlu kita lakukan besok pagi. Dengan begitu akan membuat kita lebih fokus dan terarah.

* Lakukan Hal yang Terberat di Pagi Hari
Paksakan diri untuk melakukan hal terberat di pagi hari. Misal saja lari-lari kecil di sekitar rumah. Usir rasa malas dan kantuk dan tetap fokus untuk menjalankannya. Jika kita mampu melakukannya, maka hal-hal kecil lainnya akan terasa lebih ringan menjalaninya.

* Pilih Baju yang Rapi
Nah, ini yang seringkali kita lakukan apalagi saat hari libur. Biasanya kita akan mengenakan baju tidur seharian karena merasa tidak akan pergi kemana-mana. Hal tersebut justru dapat membuat kita merasa tak bertenaga. Pilihlah baju yang rapi sehingga kita akan lebih bersemangat dalam menjalani hari.

* Pilih Waktu dalam Menyelesaikan Tugas
Saat kita sudah membuat catatan apa yang harus kita lakukan, buat juga rentang waktu yang diperlukan dalam mengerjakannya. Dengan begitu kita akan belajar untuk disiplin dan lebih bertanggung jawab

* Bawa Sebuah Buku Khusus
Ketika sedang antri, menunggu teman, atau bahkan saat terjebak macet ide dan inspirasi bisa datang kapan saja. Dengan terbiasa membawa buku, kita akan juga terbiasa menuliskan setiap ide atau inspirasi tersebut. 

* Bersantai di Hari Minggu 
Berilah kesempatan badan dan pikiran untuk beristirahat saat hari libur. Jangan gunakan badan atau pikiran untuk melakukan hal-hal berat, misal saja menyeselesaikan tugas kantor. Istirahatlah, agar kita tidak merasa jenuh dan siap menjalani aktifitas besok pagi.

* Delegasikan ke Orang Lain
Jika ada hal-hal yang bisa kita delegasikan ke orang lain, lakukanlah. Terkadang rasa malas datang saat kita kualahan dalam menyelesaikan banyaknya hal yang harus kita selesaikan secara bersamaan. So, jangan ragu untuk minta bantuan orang lain.

Rasa malas bisa hilang jika kita bisa memaksakan diri untuk berubah. Jika kita terus mengikuti rasa malas tersebut, maka kita akan dibuat kacau dengan kebiasaan buruk tersebut. Mungkin butuh proses lama dalam merubah kebiasaan tersebut. Asal kita berkomiten untuk merubahnya, tak ada yang tak mungkin bukan? Yuk semangat sobat GriS. Semoga Bermanfaat :) 

Image by www.vantagemag.com

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE

Like us on Facebook