relationship

Sulit Berkata Tidak? Mungkin Ini Solusinya

10:31:00


Griya Senja - Mungkin Sobat GriS termasuk orang yang sulit berkata tidak dan selalu mengiyakan apa saja yang ditujukan pada kita. Diajak kesuatu tempat atau bahkan dimintai tolong sesuatu jawaban Sobat GriS selalu iya. Bersikap baik dengan semua orang memang perlu, tapi jika harus mengorbankan jadwal dan rencana yang telah kita buat, mungkin itu perlu renungan lebih dalam lagi. Karena kita juga mempunyai kehidupan yang musti berjalan bukan? Dan apa yang musti kita lakukan untuk bisa bilang tidak pada mereka? Simak uraia berikut ini.

* Berani Bilang Tidak
Sebenarnya alasan kita untuk selalu mengiyakan setiap ajakan dan permintaan bantuan yang datang adalah karena kita tak berani bilang tidak. Mungkin untuk satu atau dua kali tawaran dan permintaan tak masalah. Namun jika sering bahkan mengalahkan kepentingan Sobat GriS sendiri, sudah saatnya Sobat GriS mengambil tindakan. Tak perlu merasa sungkan jika kita memang tak punya waktu untuk mengiyakan ajakannya. Bilang pada rekan kita jika kita saat ini tidak bisa membantu karena ada hal yang harus dikerjakan. Jika dirinya terus memaksa dan mungkin disertai rasa marah, itu pertanda dirinya bukan rekan yang baik buat kita. Tak perlu takut dengan ekspresinya, karena kita juga sama-sama mempunyai kepentingan untuk dijalankan.

* Lebih Bisa Menghargai Diri Sendiri
Seringkali kita mengalah dan mengikhlaskan apa yang telah mereka lakukan pada kita. Semua itu memang baik dan dalam agama pun mengajarkannya. Namun yang perlu Sobat GriS ingat adalah mengalah bukan berarti harus kalah. Dan saat kita kalah karena kita tak berani melawan, lantas kita berucap jika kita mengikhlaskan. Pedoman keikhlasan bukan seperti itu. Jika Sobat GriS selalu mengalah untuk kalah, itu berarti Sobat GriS tak menghargai diri sendiri. Orang akan dengan mudah meremehkan dan menggampangkan kita.

* Terlalu Mencintai
Jangan terlalu mencintai sesuatu secara berlebihan sehingga kita merasa dikendalikannya. Bahkan saat dirinya meminta sesuatu yang tak masuk akal sekalipun, kita akan tetap mengiyakannya. Belajarlah untuk tetap bisa mengendalikan hati meskipun di saat Sobat GriS mencintai. Karena seringkali cinta yang membabi buta dapat membuat kita tak dapat membedakan mana yang baik dan buruk.

* Membuat Jadwal
Mulailah mengatur kegiatan harian Sobat GriS. Dengan begitu akan tahu mana yang penting dan mana yang tidak. Karena jika tanpa dijadwal dengan baik, apa yang telah kita rencanakan kemungkinan besar akan tergeser bahkan lupa saat rencana baru mulai tersusun. Selain itu kita juga bisa mengetahui jadwal luang kita sehingga saat teman meminta bantuan kita tak selamanya bilang tidak. Karena bagaimana pun kita sebagai makhluk sosial tidak mungkin bisa hidup tanpa bantuan orang lain.
Bagaimana Sobat GriS? Sudah dapat memutuskan apa yang seharusnya kita lakukan? Semoga Bermanfaat :)

Image by 4.bp.blogspot.com

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE

Like us on Facebook