Body & Mind

Beberapa Hal Yang Dapat Merusak Gigi

11:38:00


Griya Senja - Untuk mendapatkan gigi yang sehat ternyata tak hanya merawatnya dengan menggosok gigi maupun rutin ke dokter gigi. Ada beberapa hal yang ternyata tanpa kita sadari dapat merusak gigi Sobat GriS. Seperti yang dikutip dari health.kompas.com ternyata ada beberapa hal yang dapat merusak gigi kita, antara lain:

* Menggunakan Gigi Sebagai Alat
Banyak orang menggunakan gigi sebagai alat. Misal saja membuka tutup botol, membuka kemasan seperti snack dan sejenisnya, memotong kabel dll. Tanpa kita sadari kebiasaan tersebut selain dapat memberi efek traumatis pada gigi dan dapat melemahkannya, juga lambat laun dapat merubah bentuk gigi agak kedepan.

* Mengunyah Es Batu
Kebiasaan menguyah es batu ternyata berakibat buruk pada gigi. Hal ini karena suhu yang dingin dan kerasnya es batu dapat menyebabkan gigi menjadi patah. Bahkan dapat menyebabkan bagian enamel atau email gigi menjadi rusak. 

* Menguyah Benda Keras
Tak sedikit orang yang menggunakan gigi untuk mengunyah benda-benda keras, seperti pensil, kuku, dan benda keras lainnya. Hindari kebiasaan tersebut dan gunakan gigi menurut fungsi utamanya yaitu mengunyah makanan.

* Menghisap Lemon
Ternyata terus-terusan menghisap lemon tidak baik bagi gigi. Kandungan asam sitrat dalam lemon dapat melunturkan mineral penting pada gigi dan lapisan luar gigi sehingga menjadikan gigi sensiti terhadap suatu makanan atau minuman dingin. Tapi bukan berarti Sobat GriS menghindari semua buahan-buahan jeruk, namun hanya perlu memperhatikan untuk tidak mengonsumsi secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama.

* Menggosok Gigi Terlalu Keras
Banyak yang mengira jika menggosok gigi dengan keras atau menggunakan sikat dengan bulu sikat yang keras dapat membantu menjadikan gigi lebih mengkilat. Anggapan tersebut sangat keliru karena justru dapat merusak lapisan enamel pada gigi dan menjadikan gigi lebih sensitif.

* Menggigit Kuku
Kebiasaan mengigit kuku ternyata dapat membuat gigi depan menjadi rusak atau retak. Selain itu, kebiasaan menggigit kuku dapat membuat bakteri atau kuman yang terdapat pada kuku masuk ke dalam rongga mulut sehingga dapat menyebabkan infeksi pada gusi.

* Menggretakkan Gigi Saat Tidur
Brukisme kronis atau menggertakkan gigi dapat menyebabkan berbagai masalah pada gigi, seperti gigi patah dan longgar. Hal ini juga dapat menyebabkan nyeri pada rahang, sakit kepala dan sakit gigi. Untuk mengindari hal tersebut dokter biasanya akan menyarankan menggunakan alat penyangga gigi. 

* Minum Anggur Putih
Banyak orang lebih memilih anggur putih dari pada anggur yang berwarna merah. Dengan alasan untuk mengindari noda pada gigi. Tapi ternyata, anggur putih dapat menimbulkan masalah yang permanen karena kandungan keasaman yang tinggi. Untuk perlindungan, berkumurlah dengan air putih setelah minum dan mengonsumsi keju untuk mengimbangi keasaman anggur.

* Mengonsumsi Soft Drink Secara Berlebihan
Minuman manis berkarbonasi adalah salah satu makanan yang paling berpotensi merusak gigi. Ini bukan hanya kandungan gula pada soft drink yang buruk bagi gigi, melainkan kandungan asam yang dimasukkan ke dalam minuman juga berkontribusi menyebabkan gigi berlubang.

* Menghisap Jempol
Kebiasaan menghisap jempol pada anak-anak ternyata dapat menganggu posisi gigi depan atas dan bawah, sehingga menyebabkan gigi atas melebar atau tonggos. Salah satu pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan perawatan ortodontik.

Nah, sekarang tahukan apa yang dapat merusak gigi? Perhatian ektra terhadap hal-hal kecil sekalipun sangat bermanfaat untuk tetap menjaga dan melindungi gigi agar tetap sehat dan rapi. Semoga Bermanfaat :)

Image by euroradio.fm

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE

Like us on Facebook