karir

Agar Tetap Nyaman Walau Lama Duduk Saat Bekerja? Intip Yuks Langkah Berikut Ini

13:49:00


Griya Senja - Jika Sobat GriS seorang pekerja yang kesehariannya duduk di belakang meja, dan selama ini merasa tidak nyaman dikarenakan posisi duduk Sobat GriS yang salah dan dapat mengakibatkan cidera tak hanya bahu, tapi juga pergelangan tangan, punggung dan leher. Dan berikut ini adalah langkah untuk meminimalisir resiko tersebut di meja kerja.

* Menjaga Jarak Antara Mata dan Monitor
Untuk mengindari ketegangan pada mata Sobat GriS, alangkah baiknya jika Sobat GriS memperhatikan jarak mata dan monitor. Karena saat keadaan tegang, Sobat GriS bisa mengalami sakit kepala dan pandangan mata menjadi kabur. Jika tinggi monitor tidak dapat diatur, Sobat GriS bisa mengganjalnya dengan buku maupun meninggikan kursi Sobat GriS.

* Istirahat dari Menatap Monitor
Menatap monitor dalam jangka waktu lama dapat membuat mata menjadi lelah. Alihkan pandangan Sobat GriS ke tempat yang lebih sejuk atau terhindar dari silau selama 20 detik. Dengan begitu, Sobat GriS dapat meredakan ketegangan yang ada. Bisa juga dengan berdiri dan melakukan jalan-jalan ringan untuk meredakan ketegangan yang tak hanya pada mata, tapi juga tubuh.

* Posisi Bahu Jangan Membungkuk
Pada awalnya posisi seperti ini terasa nyaman, namun dapat menjadi masalah jangka panjang dikemudian hari. Pelajarilah posisi duduk yang benar seperti duduk dengan tulang belakang tegak dan panggul sedikit miring ke depan.

* Atur Letak Keyboard
Keyboard pada laptop tidak baik jika Sobat GriS bekerja dalam waktu yang panjang, karena letak keyboard dan monitor tidak sesuai. Akan lebih baik jika Sobat GriS berinvestasi dengan keyboard yang terpisah.

* Jaga Pergelangan Tangan Tetap Lurus
Posisi melengkung atau melipat pada pergelangan tangan saat mengetik dapat menyebabkan carpal tunnel syndrome, yaitu saraf yang terjepit pada pergelangan tangan.

* Jangan Menyilangkan Kaki
Mungkin posisi ini merasa nyaman pada awalnya. Namun melakukannya pada jangka waktu yang lama dapat menurunkan sirkulasi yang dapat menyebabkan kerusakan syaraf dan jaringan.

* Hindari Mengetik dengan Keras
Mengetik seolah memukul tombol dapat menambah tekanan yang dapat menyebabkan nyeri pada tulang jari. Cara lain menghindari cidera jari adalah klik mouse dengan jari-jari di tangan non dominan, ini akan memberikan kesempatan tangan dominan kita untuk beristirahat.

* Gunakan Headset Jika Melakukan Panggilan Lebih dari Satu Jam
Dengan menggunakan headset, kita dapat mencegah postur leher yang dapat mengakibatkan cidera.

* Gunakan Bantal Tambahan
Dengan adanya bantal ekstra dibelakang punggung, dapat mendukung kelengkungan tulang belakang Sobat GriS yang harus dijaga setiap waktu. Semoga Bermanfaat :)

Referensi by vemale.com

Image by  pasarpolis.com

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE

Like us on Facebook