love

Cara Mengatasi Philophobia ( Takut Jatuh Cinta)

10:01:00


Griya Senja - Cinta bagi semua orang adalah sesuatu yang indah. Aplagi jika bisa bersama dengan orang yang dicintai. Namun seperti yang kita tahu, bahwa kisah cinta tak selamanya berakhir indah. Itulah sebabnya ada sebagian orang yang berusaha mengindarinya karena ada rasa takut saat harus merasakan perasaan yang bernama cinta tersebut. Sikap itu lah yang disebut dengan Philophobia.

Seperti yang dilansir dari vemale.com dan phobiafears.com philophobia adalah dimana keadaan seseorang yang secara tidak rasional takut untuk jatuh cinta. Orang dengan fobia ini cenderung menghindari kemungkinan untuk terikat dengan seseorang dan menyangkal perasaan khusus yang mereka rasakan terhadap seseorang. 

Kemungkinan jatuh cinta dan membangun hubungan membuat orang dengan fobia ini gelisah, mual, berkeringat, panik, dan sesak nafas. Hal tersebut membuat mereka jauh dari sebuah hubungan. 

Penyebab fobia ini adalah traumatis masa lalu, dimana mereka mengalami kegagalan dalam sebuah hubungan padahal mereka sudah berusaha berhati-hati dan mempertahankan hubungannya dengan perasaan yang mendalam. Mereka akhirnya merasa takut untuk memulainya lagi. 

Beberapa yang lain mengalami fobia ini karena mendapatkankan kisah tragis dari orang lain. Mereka merasa takut untuk menjalin hubungan karena khawatir kisah yang mereka dengar akan terjadi dengan dirinya. 

Untuk menyembuhkan philophobia ini dapat dengan melakukan konseling, hipnoterapi, atau psikoterapi dengan bantuan beberapa profesional. 

Nah Sobat GriS, jika kita atau teman dekat mengalaminya, sarankan untuk segera melakukan pengobatan, karena jika dibiarkan akan menimbulkan masalah pada diri Sobat GriS atau teman dekat tersebut untuk bersosialisasi dengan orang lain, bahkan bisa menjadi orang yang anti sosial.

Semoga Bermanfaat :)

Image by i0.wp.com

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE

Like us on Facebook