Body & Mind

Waspadai 3 Tanda Datang Bulan Tidak Normal

10:59:00


Griya Senja - Saat menstruasi adalah saat di mana setiap wanita selalu merasa tak nyaman. Mungkin karena disebabkan perubahan hormon yang menyebabkan sebagian besar wanita merasakan emosinya menjadi labil. 
Belum lagi ditambah permasalahan saat datang bulan yang biasanya menganggu, seperti nyeri haid, aktifitas menjadi terganggu, seringnya ganti pembalut dan permasalahan lain yang sebenarnya mungkin sepele tapi merambah menjadi besar lantaran sedang datang bulan. 
Tapi yang perlu Sobat GriS waspadai adalah saat darah yang keluar terlalu banyak ataupun nyeri haid yang terlalu menyakitkan. Untuk lebih jelasnya, tengok yuk uraian berikut. 

* Darah Terlalu Banyak
Biasanya mengganti pembalut dalam kurun waktu 3 jam adalah wajar. Namun jika baru sejam atau malah kurang pembalut sudah terasa sangat basah, dan Sobat GriS dapat merasakan alirannya setiap waktu, tentunya perlu diwaspadai. 
Begitu juga gumpalan-gumpalan kecil yang terkadang kita temui, namun jika gumalan-gumpalan tersebut sudah masuk dalam kategori sering, maka Sobat GriS perlu segera memeriksakan diri ke Dokter. Karena pendarahan tersebut dapat menyebabkan anemia dan membuat Sobat GriS menjadi lemas.

* Haid Tidak Teratur
Diantara penyebab menstruasi tertunda adalah karena stres, olahraga yang berlebihan, kenaikan maupun penurunan berat badan yang drastis. Tentunya Dokter dapat membantu menanganinya. 
Namun jika Sobat GriS mengalami menstruasi yang panjang kemudian tidak menstruasi selama berbulan-bulan, bisa jadi itu adalah Polycystic Ovary Syondrome (PCOS) jenis gangguan hormon yang rusak. PCOS bisa menyebabkan pertumbuhan rambut yang berlebihan dan kenaikan berat badan. Namun Sobat GriS tak perlu khawatir, ada obat untuk mengatasinya. Konsultasikan hal tersebut pada Dokter.

* Nyeri Haid yang Parah
Nyeri saat datang bulan tentunya hampir seluruh wanita mengalaminya. Namu jika nyerinya sangat parah sampai membuat Sobat GriS tidak bisa beraktifitas, tentunya perlu diwaspadai karena itu ciri-ciri Endometriosis. Hal ini bisa terjadi saat kelenjar yang tumbuh dalam rahim menyebar ke tempat lain seperti ovarium dan kandung kemih. Endometriosis dapat menimbulkan rasa kram yang parah dan dapat mengarah ke hal serius jika tidak segera ditangani. Segera konsultasikan pada Dokter jika Sobat GriS mengalami nyeri hadi yang parah setiap bulannya.

Nah, dengan lebih berhati-hati dan waspada terhadap gejala tersebut, kita lebih bisa mengobati sejak dini jika ada gangguan yang terjadi dalam tubuh kita. Semoga bermanfaat :)

Referensi by vemale.com 

Image by 3.bp.blogspot.com

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE

Like us on Facebook