Body & Mind

Mencegah Dehidrasi Saat Puasa? Simak Yuk Caranya

10:46:00


Griya Senja - Puasa tentunya menahan segala macam hal yang dapat membatalkan puasa, diantaranya menahan haus selama seharian penuh. Apalagi saat cuaca tengah terik, tentunya membuat rasa haus kita menjadi berlipat-lipat. Untuk menghindari dehidrasi selama puasa, ada beberapa cara yang dilansir dari vemale.com agar Sobat GriS terhindar dari dehidrasi.

* Minum 2 Gelas Air Saat Sahur
Usahakan untuk meminum minimal 2 gelas air mineral saat sahur. Dan kurangi minuman manis untuk mencegah kenaikan berat badan yang drastis selama puasa.

* Makanan dengan Kandungan Air Tinggi
Sobat GriS juga bisa mencukupi kandungan kebutuhan cairan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kadar air yang tinggi, seperti semangka, melon, mentimun dan buah-buah lainnya.

* Minum Banyak Saat Berbuka Bukanlah Solusi
Dengan langsung minum 8 gelas air saat berbuka bukanlah solusi. Alih-alih ingin mengindarkan diri dari dehidrasi, Sobat GriS justru akan merasa begah karena terlalu banyak air. Yang ada Sobat GriS akan merasa tak nyaman saat sholat, karena perut terlalu banyak kemasukan air. 

* Berbuka dengan Kurma dan 2 Gelas Air
Tentunya Sobat GriS sudah sering mendengar anjuran berbuka dengan buah kurma. Kenapa buah kurma sangat dianjurkan? Hal itu dikarenakan, buah kurma mengandung kadar glukosa alami yang sangat tinggi dan kandungan nutrisi yang lain yang juga tak kalah tinggi. Kandungan gizi yang terdapat pada buah kurma dapat mengembalikan energi yang hilang selama puasa. Dan tentunya air akan mengganti cairan yang hilang saat berpuasa.

* Membawa Air Saat Keluar Malam
Tak ada salahnya kan jika kita membawa minum saat tarawih dan meminumnya di sela-sela waktu senggang. Apalagi jika Sobat GriS termasuk orang yang gampang sekali haus.

* Membawa Air Saat Tidur
Mengingat waktu makan dan minum hanya saat malam, Sobat GriS bisa menyediakan minum di dekat tempat tidur. Jadi saat Sobat GriS terjaga, bisa langsung meminumnya. 

Nah Sobat GriS, dengan melakukan cara-cara di atas, tak ada alasan lain untuk tidak kuat selama puasa. Dan kita pun bisa terhindar dari dehidrasi selama puasa. Semoga Bermanfaat :)

Image by 4.bp.blogspot.com

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE

Like us on Facebook